Minggu, 30 September 2012

KENAPA HARUS MENULIS ?


Menulis merupakan salah satu ilmu dasar yang harus dimiliki oleh seorang pelajar selain berhitung dan membaca.  Menulis sudah diajarkan kepada anak sejak usia dini untuk melatih kemampuan kordinasi otak dan tangannya. Dengan semakin tingginya tingkat pendidikan seseorang maka kemampuan menulisnya juga harus ikut ditingkatkan.
Sudah tidak dipungkiri lagi bahwa sebagian orang menyepelekan kemampuan menulis ini. Padahal menulis itu bukan perkara yang mudah untuk dilakukan. Orang-orang yang tidak bisa menulis dikelompokkan menjadi dua, yaitu orang yang memang tidak suka menulis dan orang yang tidak terbiasa menulis. Bagi orang yang tidak suka menulis, sangat membosankan apabila harus menuangkan buah pikiran mereka melalui tulisan sehingga kemampuan menulis mereka nyaris tidak ada. Sedangkan bagi orang yang tidak terbiasa menulis, penyebabnya lebih kepada kepercayaan akan kemampuan diri untuk menulis yang lemah serta adanya kesan acuh terhadap manfaat menulis itu sendiri.
Padahal menulis itu memiliki banyak sekali manfaat, terutama bagi kaum pelajar. Banyak hal yang bisa kita dapatkan dengan menulis, salah satunya yaitu melatih kemampuan berfikir kritis dan teratur. Dengan menulis kita dilatih untuk menerima dan mengungkapkan pendapat yang ada serta menyusun karya secara sistematis agar lebih menarik pembaca.
Selain itu, dengan menulis kita dapat mengungkapkan opini, emosi jiwa, ekspresi, dan buah pemikiran lainnya yang tidak bisa kita ungkapkan dengan lisan. Jika pemikiran kita terkendala oleh kemampuan berbicara, menulis merupakan salah satu jalan yang dapat kita tempuh. Dengan begitu beban kita tersalurkan sehingga hasilnya kita terhindar dari stress.
Disamping itu semua, dengan menulis kita dapat merekam kejadian yang kita lalui. Sehingga tulisan kita menyimpan memori yang secara tidak langsung tersimpan lebih lama dibandingkan dengan memori otak kita. Disaat kita membutuhkan memori itu, kita akan dengan mudah menemukannya.Satu hal yang tidak terlepas dari manfaat menulis yaitu menambah pengalaman dan tentunya memperluas jaringan pertemanan.
Jadi jangan pernah takut untuk menuangkan pikiran melalui tulisan. Karena banyak manfaat yang dapat kita dapatan. Jika masih merasa tidak percaya diri, cobalah untuk membaca referensi-referensi yang dapat meningkatkan wawasan anda dibidang tulis-menulis. Mengutip kalimat DR. Ainun Naim yang mengataka bahwa “ setiap diri kita adalah penulis untuk diri dan kehidupan kita karena hanya kita yang benar-benar mengerti siapa diri kita”.

1 komentar:

Adityar mengatakan...

Yes! Ayo menulis :)

Salam :)