Kamis, 27 September 2012

DIMANA KAMI HARUS MEMBUANG SAMPAH ?



NAMA : AINUN JARIAH YUSUF
JURUSAN : IMU KOMUNIKASI
 
Tentunya kita sudah mengetahui bahwa sampah adalah sesuatu yang sudah tidak layak pakai. Bisa saja itu dari barang yang sbelumnya kita gunakan atau dari kemasan makanan. Sampah apabila tertumpuk maka tebtu saja akan mengganggu aktivitas kita baik itu karena sisi kebersihan maupun estetikanya. Ketika kita menemukan sampah sudah menjadi hal yang sewajarnya bila kita membuangnya pada tempat sampah.
            Namun, bagaimana apabila kta tidak menemuka tempat sampah disekitar kita. Haruskah kita membuangnya disembarang tempat ? ataukah kita harus menyimpan sampah tersebut ? hal ini sungguh sangat mengganggu tentunya. Disaat kita sedang sibuk dengan aktivitas kita masih juga dipusingkan dengan sampah-sampah yang bertebaran disekitar kita. Menimbulkan rasa yang tidak nyaman.
            Kurang lebih seperti itulah yang terjadi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ( FISIPOL ) Universitas Hasanuddin. Tempat sampah yang jumlahnya sangat kecil dibandingkan dengan mahasiswa yang beraktivitas di kampus ini. Akibatnya sampah yang bersebar diberbgai tempat dan tentunya juga diruang kuliah. Sebenarnya FISIPOL memiliki beberapa orang petugas kebersihan. Namun perlu kita pertimbangkan di sini petugas-petugas itu juga tidak akan mampu memantau secara terus menerus kebersihan di lingkungan kampus.
            Sampah-sampah yang tersebar di berbagai lokasi dikampus FISIPOL ibaratnya sudah menjadi pemandangan yang lumrah bagi mahasiswa disini. Namun ada pula yang masih tergugah hatinya untuk berusaha mncari tempat sampah yang ada di kampus ini. Namun ketika kita menemukan tempat sampah kembali lagi tempat sampah itu malah sudah penuh dan sesak dengan berbagai macam sampah. Mau tidak mau kita membuang sampah kita ke tempat tersebut yang sebenarnya sampahnya itu sudah meluber keluar dari tempat seharusnya.
            Lantai dua Gedung Fisip keadaan tidak lebih baik. Karena jarang sekali kita menemukan tempat sampah yang layak untuk dijadikan penampungan sampah. Lain lagi ketika kita berada diruang kuliah, memang tidak ada tempat sampah khusus yang disediakan didalamnya. Sehingga bagi mahasiswa yang malas beranjak dari tempat duduknya untuk mencari tempat sampah satu-satunya jalan yaitu membuang sampahnya kelantai. Padahal kita tahu kebersihan kampus dan ruang kuliah sangat dibutuhkan demi menjaga kenyamanan kita saat menuntuu ilmu.  
            Memang kebersihan kampus didukung oleh dua hal yaitu kesadaran indiviidu dan sarana kebersihan yang tersedia. Namun bagaimana kampus bisa bersih jika sarana yang ada tidak memadai. Jadi yang perlu kita lakukan adalah memperbaiki sarana kebersihan yang ada. Hal ini butuh kerjasama antara mahasiswa dan pihak pengelola kampus. Sehingga penyediaannya disesuaikan dengan kebutuhan. 

Tidak ada komentar: