Minggu, 23 September 2012

SIAPKAH PEMUDA INDONESIA MENJADI PEMIMPIN


Tidak akan mudah dilupakan bagaimana peran serta para pemuda dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Mereka dengan gagah berani memperjuangkan hak bangsa ini untuk merdeka. Para pemuda mempelopori gerakan-gerakan pemberontakan terhadap penjajah diberbagai daerah. Namun bisakah kita melihat sikap patroitisme itu dimasa jaman sekarang. Siapa yang akan memimpin bangsa ini dimasa yang akan datang sementara banyak pemuda yang tergerus rasa nasionalitasnya karena perkembangan zaman dan teknologi yang semakin canggih.
Sebelum kita membahas lebih jauh kita harus mengetahui siapa sebenarnya pemuda itu. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pemuda adalah orang yang masih muda; orang muda. Pemuda secara fisik adalah manusai yangtelah berusia 15 - 35 tahun yang telah melewati fase akil baligh. Pemuda adalah orang-orang yang dipundaknya dibebankan tanggung jawab nasib bangsa dan Negara di masa yang akan datang. Sedangkan pemimpin berarti orang yang memimpin. Pemimpin dapat dikatakan sebagai orang yang mampu mempengaruhi orang lain bekerja sama.
Karakter utama yang harus dimiliki seorang pemimpin adalah jujur. Jujur adalah hal yang selalu diutamakan dalam memimpin  karena jujur merupakan landasan awal atau tolak ukur seseorang dinilai layak dalam memimpin atau tidak. Karakter selanjutnya adalah berani. Berani dalam konteks mampu menampilkan ketegasan sikap dalam memimpin. Seorang yang penakut menjadi pemimpin, ia malah akan menjadi penghambat gerak langkahnya sendiri. Berikutnya pemimpin harus memiliki karakter yang optimis dan berintegritas. Tidak akan ada orang yang memilih pemimpin yang selalu memandang suram masa depan. Karakter yang lain yang juga patut dimiliki seorang pemimpin adalah berdedikasi, kreatif dan inovatif, berwibawa, berani dan tegas, serta rendah diri.
Salah satu contoh pemimpin muda yang inspiratif ialah seorang remaja asal Palestina bernama Bashaer Othman. Ia menjadi walikota termuda di sebuah kota bernama ALLAR selama dua bulan. Basher terpilih menjadi walikota melalui sebuah program bernama yesark youth program ( YYP ). Basher terpilih karena dianggap memiliki kemampua individual dalam hal wawasan politik, kenegaraan, sosial, dan ekonomi. Ia juga dianggap memilki leadership serta visi misi yang jelas untuk kemajuan bangsanya. Ia menjabat walikota dalam kurun waktu dua bulan, selama itu ia telah berhasil meyakinkan 3 investor asing untuk membuka lapangan pekerjaan diderahnya. Karena menurut dia, lapangan pekerjaan adalah salah satu polemic yang harus segera diselesaian.

Sesungguhnya pemuda mempunyai andil besar dalam perjalanan sejarah bangsa ini. Para pemimpin-pemimpin bangsa di awal pemerintaha adalah pemuda-pemuda yang gagah berani menentang kekejaman para penjajah, sebut saja bung karno, bung hatta, bung tomo, dan bung syahrir. Para pemuda khususnya mahasiswa juga menjadi aktor utama dibalik tumbangnya rezim orde baru. Namun, sayangnya pemimpin-pemimpin setelah soeharto malah cenderung lebih parah dalam hal kemampuan memimpin. Sayangnya pemuda Indonesia sekarang lebih senang berhura-hura malas berpikir dan berdiskusi, tidak serius belajar serta terlanjur terjerumus dalam modernisasi yang membuat mereka menjadi kaum oportunis. Pemuda yang kerjanya hanya belajar, belajar dan belajar demi nilai tinggi. Sementara itu adapula yang lebih senang menghabiskan uang dan waktu mereka dengan kumpul-kumpul yang tidak jelas arah dan tujuannnya. Mereka tidak sadar dengan tugas dan tanggung jawab yang secara tidak langsung dibebankan kepada mereka.

Seharusnya pemuda Indonesia mengarahkan kontribusinya bagi kemajuan bangsa di masa yang akan datang. Menjadi pelopor kebangkitan moral dikalangan calon pemimpin masa depan. Harus bisa jujur di tengah orang-orang yang korup, bertanggung jawab di tengah orang-orang yang mangkir dan membangun masyaratkat dengan ilmu yang dimiliki. Yang terpenting pemuda Indonesia harus belajar dari pengalaman di masa lalu dan dengan apa yang terjadi sekarang ini.
menjadikann itu semua sebagai pedoman di masa yang akan datang.

 

Daftar pustaka

www.terlambat.info/2012/09/walikota-termuda-dunia-umur-15-tahun.html. diakses pada tanggal 22 September 2012 pukul 21.31 WITA

Tidak ada komentar: